3T Tours
More than just a friend
in your trips

021 22655618
0877 8724 3411 (+WA)
0851 0550 0770 (+WA)

info@3ttoursindonesia.com

PT. Sinar Fiesta Indonesia
Jl. Danau Sunter Utara
Blok F20 #23 - RT.011 / 012
Sunter Agung - Jakarta - 14350

Show in Google Maps

BUKIT  ZAITUN – Mount of OLIVE


•    KAPEL KENAIKAN TUHAN YESUS (The Church of Ascension)
•    GEREJA PATER NOSTER (Gereja Doa Bapa Kami) 
•    Jalan Minggu Palem
•    GEREJA TUHAN  Meratap (DOMINUS FLEVIT – The LORD wept)
•    TAMAN GETSEMANI / Gethsemene
•    GEREJA  SEGALA   BANGSA (The Church of All Nations) -  the Basilica of Agony

Sekilas INFORMASI dan SEJARAH Tempat & Kota Ziarah Wisata
(Dikumpulkan dan disusun dari berbagai sumber : National Geographic, Wikipedia, Wikimedia, TripAdvisor dan Google Search)


Terletak di sebelah timur Kota Tua Yerusalem, puncaknya terletak 3000 kaki lebih tinggi dari Yerusalem. Ada banyak tempat di daerah ini yang mengingatkan kita kepada TUHAN YESUS, mulai dari IA tiba di Yerusalem, sampai Kristus naik ke surga. Bernubuat tentang kehancuran Yerusalem dan mengajarkan Doa Bapa kami dan IA sering kali datang untuk berdoa dan bermeditasi. Sebuah lokasi kuburan kuno Yahudi juga dapat dilihat di tempat ini.

•    KAPEL KENAIKAN TUHAN YESUS (The Church of Ascension)

 
   
Dalam kitab Kisah Rasul 4:9-12. Yesus membawa para muridNya menuju bukit Zaitun dan setelah memberkati mereka, Yesus naik ke Surga. Puncak dari bukit Zaitun dianggap sebagai tempat di mana terjadinya TUHAN YESUS naik ke Surga. Gereja Byzntine dibangun ditempat ini pada abad ke 4 dan dihancurkan oleh bangsa Persia pada tahun 614. Tentara Perang Salib / Crusader membangun kembali gereja yang lain ditempat ini pada abad ke 12. Kapel kecil yang sekarang berdiri ini dibangun oleh Crusader di sebuah lapangan yang terdapat batu di mana jejak kaki  TUHAN YESUS terbentuk ketika IA  naik ke surga. Tempat ini juga disebut sebagai Mesjid Kenaikan (orang Muslim yang mengakui keberadaan TUHAN YESUS sebagai Nabi Isa juga percaya bahwa IA sudah naik ke surga), karena sejak abad ke-12 tempat ini direbut orang Islam dari tentara Perang Salib. Sampai saat ini pemegang kunci tempat ini adalah umat Muslim.


•    GEREJA PATER NOSTER (Gereja Doa Bapa Kami)           



Gereja Pater Noster dibangun di tempat yang secara tradisi dianggap sebagai  tempat Yesus mengajarkan murid-muridNya, Doa Bapa kami. Juga tempat  di mana IA menubuatkan kehancuran Yerusalem dan menyatakan kedatanganNya yang kedua dan akhir dari dunia ini (Mat. 24:1-3, Mrk 12:1-4, Luk. 21:5-7).

Konstantinopel pertama kali membangun gereja di puncak ini dan dihancurkan oleh bangsa Persia pada tahun 614 dan dibangun kembali oleh Crusader pada abad ke 12, setelah Crusader ditaklukkan, gereja tersebut dihancurkan dan tempat itu dikuasai oleh orang-orang Muslim. Di tahun 1868 permaisuri Aurelia de Bossi de la Tour D’ Auvergne membeli tempat itu dan mendonasikannya kepada Perancis. Di tahun 1875 dia membangun biara untuk suster-suster Ordo Karmelit. Di dalam gereja pada dinding-dinding serambinya terdapat tulisan Doa Bapa Kami dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, bahasa  Jawa, bahasa Papua, bahasa Batak. Permaisuri Aurelia de Bossi itu sendiri dikuburkan di salah satu serambi gereja.



•    Jalan Minggu Palem

Yohanes 12: 13
mereka mengambil daun-daun palem,   dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,  Raja Israel! "

Letak jalan ini dipercaya sekarang berada disepanjang jalan menurun di antara puncak Bukit Zaitun dan Taman Gethsemani (melewati Gereja Dominus Flevit)

Silahkan dibaca lebih lanjut di web : http://www.sarapanpagi.org/minggu-palma-vt9659.html



•    GEREJA TUHAN  Meratap (DOMINUS FLEVIT / The LORD wept)



Terletak di lereng Bukit Zaitun dan dibangun sesuai rancangan arsitek Antonio Barluci, di atas reruntuhan gereja lama pada tahun 1955 dan mengambil bentuk seperti butiran air mata. Di tempat ini dipercaya TUHAN YESUS meratapi kota Yerusalem yang akan segera dihancurkan (Lukas 19 : 41 – 44)


•    TAMAN GETSEMANI / Gethsemene

Taman Getsemani terletak di kaki bukit Zaitun, dipercaya sebagai tempat di mana Yesus sering pergi untuk menyendiri dan berdoa (Lukas 22:39-46). Di taman inilah diyakini TUHAN YESUS berdoa sebelum IA ditangkap. Hal ini didasarkan pada kata “Gethsemene” yang  berarti tempat pemerasan buah zaitun dan memang di tempat ini banyak dipenuhi oleh pohon zaitun tertua di dunia (ada yang berusia ribuan  tahun) dan tidak jauh dari kebun itu ditemukan batu pemerasan buah zaitun. TUHAN YESUS mengalami saat-saat yang sangat sedih ketika bergumul untuk memilih menderita dan mati diatas kayu salib, menanggung dosa umat manusia (Lukas 22:42).

Di sini pula Yudas datang bersama pelayan iman kepala dan mengkhianati gurunya. (Mat. 26:36-56. Mrk. 14:32-52. Luk. 22:39-53)

  



•    GEREJA  SEGALA   BANGSA (The Church of All Nations) -  the Basilica of Agony

Di tahun 79,  Byzantine membangun Basilika pertamanya di tempat yang disucikan oleh doa dan penderitaan Kristus. Basilika ini termasuk yang pertama kali dihancurkan bangsa Persia pada tahun 614M. Di abad ke 12, Crusader membangun kembali gereja tersebut, gereja ini merupakan salah satu gereja yang terindah yang terdapat di Yerusalem. Gereja yang sekarang ini berdiri pada tahun 1919-1924, sejak 16 negara mengkontribusikan konstruksinya, maka gereja ini disebut “Gereja Segala Bangsa”.

Bangunan gereja ini melukiskan penderitaan dan kedukaan TUHAN YESUS yang mendalam,  yaitu dengan pemakaian kaca dinding yang tidak tembus cahaya, dengan minimnya pencahayaan, sang arsitek seolah mengajak penziarah untuk menghayati penderitaan TUHAN YESUS sehingga gereja ini disebut juga sebagai Gereja Penderitaan (the Basilica of Agony).

Cahaya remang-remang yang menembus masuk melalui jendela ungu kebiru-biruan dan keindahan dari interiornya mampu menciptakan atmosphere yang menyenangkan untuk berdoa dan bermeditasi. Sisa dari batu yang secara tradisi dianggap sebagai tempat Yesus menderita terletak di depan altar Gereja.

 


Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/u5813289/public_html/modules/mod_jf_mobilemenu/helper.php on line 79